Selasa, 21 Februari 2017

RPS METPEN


LOGO STIE BIMA.jpg
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
F-021
Issue/Revisi
: A0
Tanggal Berlaku
: 1 Sept 2016
Untuk Tahun Akademik
: 2016/2017
Masa Berlaku
: 4 (empat) tahun
Jml Halaman
: 10 halaman


Mata Kuliah
: Metode Penelitian
Kode MK
: MKK
Program Studi
: Manajemen
Penyusun
: TIM METPEN
Sks
: 3
Kelompok Mata Kuliah
: MKK

  1. Deskripsi Singkat
Matakuliah Metodologi Penelitian ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa pengetahuan, pemahaman dan penerapan berbagai metode penelitian dalam rangka penyusunan tugas akhir. Dalam perkuliahan dibahas berbagai jenis penelitian, langkah-langkah penelitian ilmiah mulai dari penentuan topik, identifikasi permasalahan, tinjauan pustaka, penentuan fokus masalah, penentuan variabel, disain dan perancangan, teknik pengumpulan data, analisis dan penarikan kesimpulan. Kegiatan pembelajaran meliputi perkuliahan dengan berbagai pendekatan dan metode yang banyak melibatkan mahasiswa, seperti diskusi, kegiatan observasi di lapangan untuk belajar mengidentifikasi masalah dan praktik pembuatan proposal penelitian.

  1. Unsur Capaian Pembelajaran
Pada akhir perkuliahan para mahasiswa memiliki kompetensi :
    1. kognitif, yakni mengetahui, memahami dan membedakan berbagai metode penelitian dalam bidang kependidikan
    2. psikomotorik, yakni memilih dan melaksanakan langkah-langkah penelitian yang sesuai dengan topik ataupun permasalahan tugas akhir yang mereka pilih
    3. afektif, yakni menghindari cara-cara yang tidak terpuji dalam penelitian, misalnya plagiat, membeli Skripsi.

  1. Komponen Penilaian
Proses penilaian pada mata kuliah ini dibedakan dalam 4 komponen, diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Kehadiran
Komponen ini memiliki poin sebesar 10% dari total pertemuan tatap muka di kelas (14). Kehadiran merupakan salah satu komponen penunjang dalam melakukan proses penilaian karena setiap pertemuan akan membahas berbagai macam model persoalan yang akan didiskusikan bersama. Setiap persoalan yang dilontarkan menuntut adanya peran aktif mahasiswa untuk dapat mengemukakan pendapat mereka dengan baik. Keaktifan mahasiswa akan dijadikan nilai tambah secara objektif untuk penilaian akhir.
  1. Tugas
Selama 1 semester, mahasiswa akan diberikan 4 tugas yang terdiri dari 2 tugas mandiri dan 2 tugas kelompok. Tugas ini diberikan sebanyak 2x sebelum UTS dan 2x setelah UTS. Komponen keseluruhan tugas memiliki poin sebesar 30%.
  1. UTS (Ujian Tengah Semester)
UTS dilakukan pada pertemuan ke 8 dari keseluruhan total pertemuan melalui ujian tertulis, praktek atau mini project yang akan dipresentasikan. Materi yang diujikan adalah materi pertemuan 1 sampai dengan 7, dengan bobot yang diberikan sebesar 30%.
  1. UAS (Ujian Akhir Semester)
UAS dilakukan pada pertemuan ke 16 dari keseluruhan total pertemuan melalui presentasi proposal penelitian. Materi yang tertuang pada proposal mencakup keseluruhan materi yang diberikan dari awal pertemuan sampai akhir, dengan bobot yang diberikan sebesar 30%.

Catatan :
  • Tidak berlaku ujian susulan baik UTS maupun UAS kecuali kepada mahasiswa yang diberikan izin khusus seperti sakit (disertai dengan surat dokter dan surat dari orang tua/wali), atau terlibat dalam kegiatan akademik di luar kampus (disertai dengan surat izin yang ditanda tangani oleh KAPRODI)
  • Tidak berlaku perbaikan nilai Tugas, UTS maupun UAS kecuali diikuti oleh seluruh peserta mata kuliah.


  1. Kriteria Penilaian
Penilaian dilakukan berdasarkan semua komponen nilai yang ada. Nilai akhir yang diperoleh mahasiswa merupakan rata-rata dari perolehan tiap komponen dengan melibatkan bobot masing-masing. Nilai akhir merupakan gambaran kemampuan dan kualitas mahasiswa terhadap ilmu yang sudah diperoleh selama 1 semester. Nilai akhir akan dikonversi ke dalam bentuk angka dan huruf dengan rincian sebagai berikut :

E

Merupakan perolehan mahasiswa yang tidak mengikuti tugas, UTS, UAS dan kehadiran < 50



D

Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dan mengerjakan tugas seadanya, tidak memiliki kemauan dan tanggung jawab untuk memahami materi.



C-

Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan seadanya, tidak fokus dalam memahami materi  sehingga hanya mampu menyeleseaikan sebagian dari masalah / tugas itupun dengan akurasi yang buruk.



C

Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan cukup baik, berusaha memahami materi namun kurang persisten sehingga baru mampu menyeleseaikan sebagian dari masalah / tugas  dengan akurasi yang kurang.



C+

Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan baik, berusaha memahami materi namun baru mampu menyelesaikan sebagian masalah / tugas dengan akurasi cukup.



B-

Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan baik, mampu memahami materi dan mampu menyelesaikan masalah / tugas dengan akurasi cukup.



B

Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan baik, mampu memahami materi dan mampu menyelesaikan masalah / tugas dengan akurasi bagus.



B+

Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan baik, mampu memahami materi dan mampu menyelesaikan masalah / tugas dengan akurasi bagus.



A-

Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan sangat baik, memahami materi dengan sangat baik, memiliki tingkat proaktif dan kreatifitas tinggi dalam mencari informasi terkait materi, mampu menyelesaikan masalah / tugas dengan akurasi sangat baik.



A

Merupakan perolehan mahasiswa superior, yaitu mereka yang mengikuti perkuliahan dengan sangat baik, memahami materi dengan sangat baik bahkan tertantang untuk memahami lebih jauh, memiliki tingkat proaktif dan kreatifitas tinggi dalam mencari informasi terkait materi, mampu menyelesaikan masalah dengan akurasi sempurna bahkan mampu mengenali masalah nyata pada masyarakat / industri dan mampu mengusulkan konsep solusinya.
  1. Daftar Referensi
Cooper. R Donald & Emory C. William, 2008, Metode Penelitian Bisnis, Jilid I, Edisi  Kelima, Alih Bahasa Elen Gunawan & Imam Nurmawan, Penerbit erlangga, Jakarta.
Soeratno & Lincolin Arsyad, 2003, Metodologi Penelitian Untuk Ekonomi dan Bisnis. Edisi Revisi, UPP AMP YKPN, Yogyakarta.
Masri Singarimbun & Sofyan Efendi, 2007, Metode Penelitian Survai, LP3ES.
Indriantoro, Nur, dan Bambang Supomo, 1999, Metode Penelitian Bisnis, BPFE, Yogyakarta.
M. Nazir, 1989, Metode Penelitian, Erlangga, Jakarta.
Moleong, L.J., 2001. METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF. Penerbit Remaja Rosdakarya, Bandung;
Muhajir, Noeng. 2000. METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF. Penerbit Rake Sarasin, Yogyakarta
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima, 2016. Pedoman Penulisan Skripsi.

  1. Rencana Pembelajaran Semester (RPS)
Minggu
Kemampuan Akhir yang Diharapkan
Bahan Kajian
(Materi Ajar)
Bentuk Pembelajaran
Kriteria/Indikator Penilaian
Bobot Nilai
Standar Kompetensi Profesi
 1
  • Memahami sistem perkuliahan, sistem penilaian, dan tata tertib kuliah
  • Mengetahui maksud dan tujuan perkuliahan
  • Memahami Ruang Lingkup Metodologi    Penelitian
  • RPS
  • Kontrak kuliah
  • Ruang Lingkup Metodologi  Penelitian
Ceramah dan Tanya jawab
mahasiswa mencatat semua informasi secara ringkas pada log book
 2.9
Kompetensi umum
 2


Mengetahui proses penelitian dan merancang desain penelitian


Proses dan Desain Penelitian

Ceramah, Tanya jawab dan penyelesaian soal
Mahasiswa merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi.
 2.9
Kompetensi umum
3

  • Dapat Menentukan populasi dan sample penelitian
  • Dapat Menentukan desain sampel
  • Dapat melakukan penarikan sample
Populasi dan Sampel
Ceramah, Tanya jawab dan penyelesaian soal
Mahasiswa merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi.
 2.9
Kompetensi khusus
4
  • Dapat Menjelaskan kedudukan teori dalam penelitian
  • Dapat Merumuskan masalah dengan panduan teori
  • Dapat Memahami definisi variable (operasional)
  • Dapat Menjelaskan berbagai variable penelitian
  • Dapat Menjelaskan perbedaan variable penelitian
Variabel penelitian dan definisi operasional  variabel
Ceramah, Tanya jawab dan penyelesaian soal
Mahasiswa merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi.
 2.9
Kompetensi khusus
5

        • Dapat mengetahui sifat pengukuran
        • Dapat membuat skala pengukuran
        • Dapat mengetahui ciri-ciri pengukuran yang baik
        • Dapat mengembangkan alat pengukuran
Skala pengukuran
Ceramah, Tanya jawab dan penyelesaian soal
Mahasiswa merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi.
 2.9
Kompetensi khusus
6
  • Dapat Mengetahui sumber dan jenis data
  • Dapat Mengetahui teknik pengumpulan data
Sumber dan pengumpulan data
Ceramah, Tanya jawab dan penyelesaian soal
Mahasiswa merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi.
 2.9
Kompetensi umum
7
  • Menjelaskan berbagai bentuk penyajian data
  • Melakukan editing data
  • Dapat melakukan pengkodean data
  • Dapat menyusun tabulasi data
  • Dapat melakukan Uji Validitas dan Reliabilitas data
Penyajian dan Uji Data
Ceramah, Tanya jawab dan penyelesaian soal
Mahasiswa merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi.
 2.9
Kompetensi khusus
8
Mampu memahami dg lebih baik materi-materi dari minggu ke-1 s.d. ke-7.
UTS
Ujian tertulis untuk materi pertemuan 1 s/d 7
Mahasiswa mampu menyelesaikan soal dengan baik
30

9
  • Memahami pengertian hipotesis
  • Menjelaskan cara merumuskan dan menguji hipotesis
Hipotesis
Ceramah, Tanya jawab dan penyelesaian soal
Mahasiswa merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi.
 2.9
Kompetensi umum
10-11
      • memahami berbagai alat analisis (data) dalam penelitian
  • menggunakan berbagai alat analisis
Teknik Analisis (Data)
Ceramah, Tanya jawab dan penyelesaian soal
Mahasiswa merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi.
 5.8
Kompetensi umum
12-13
      • Memahami pengertian penelitian kuantritatif dan kualitatif
  • Memahami Cara melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif   sebagai alternatif lain dalam melakukan penelitian.
  • Memahami perbedaan dalam melakukan  penelitian kuantitatif vs penelitian kualitatif
Penelitian Kuantitatif dan kualitatif
Ceramah, Tanya jawab dan penyelesaian soal
Mahasiswa merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi.
 5.8
Kompetensi khusus
14-15
  • Dapat Menyusun proposal penelitian skripsi sesuai standar STIE Bima
  • Dapat Menyusun Kuesioner
  • Dapat Mengetahui prosedur penyusunan proposal penelitian
Penyusunan Proposal Penelitian Skripsi
Ceramah, Tanya jawab dan penyelesaian soal
Mahasiswa merespon aktif materi yang diberikan dengan cara bertanya dan berdiskusi.
 5.8
Kompetensi khusus
16
Mampu memahami dg lebih baik materi-materi dari minggu ke-9 s.d. ke-15.
UAS
Ujian tertulis untuk materi 9 s/d 15
Mhs mampu menjawab dengan meyakinkan soal atau pertanyaan-pertanyaan dari dosen.
30



  1. Deskripsi Tugas

Mata Kuliah
: Metode Penelitian
Kode MK
:
Minggu ke
: 4 dan 7
Tugas ke
: 1 dan 2

Tujuan Tugas:
  • mahasiswa mampu menentukan topik penelitian
  • mahasiswa mampu merumuskan masalah yang berhubugan dengan topik penelitian
  • mahasiswa mampu menggambarkan Variabel  Penelitian
  • memahami proses penelusuran pustaka dan teknik pengutipan dari sumber pustaka
  • memahami metode pengumpulan data
Uraian Tugas:
  • Obyek
  • minggu ke 4 : menentukan topik penelitian dan merumuskan masalah
  • minggu ke 7 : menentukan Variabel, menyelesaikan tinjauan pustaka dan metode pengumpulan data.

  • Yang Harus Dikerjakan dan Batasan-Batasan
Semua arahan tugas yang diberikan oleh dosen pengampu mata kuliah

  • Metode/Cara Kerja/Acuan yang Digunakan
Metode yang digunakan untuk menyelesaikan setiap permasalahan adalah berdasarkan arahan yang diberikan oleh dosen disetiap pertemuan. Disamping itu, mahasiswa diperbolehkan untuk mengeksplor lebih jauh melalui internet mengenai cara penyelesaian lewat beberapa contoh studi kasus.

  • Dekripsi Luaran Tugas yang Dihasilkan
Setiap tugas akan dibahas pada minggu berikutnya di kelas. Hasil tugas dikirimkan ke alamat email dosen dan dicatat pada log book sebagai bahan pembelajaran lebih lanjut.
Kriteria Penilaian:
  • kekinian topik yang akan diteliti
  • rumusan masalah yang sesuai dengan topik penelitian
  • Variabel yang mendukung proses penelitian
  • tinjauan pustaka dan metode pengumpulan data yang tepat


Mata Kuliah

: Metode Penelitian

Kode MK

:
Minggu ke
: 10 dan 14
Tugas ke
: 3 dan 4

Tujuan Tugas:
  • mahasiswa mampu menggambarkan Hipotesis  Penelitian
  • memahami teknik penulisan karya ilmiah
  • memahami teknik penarikan kesimpulan
  • mampu menyusun rencana penelitian pada sebuah proposal
Uraian Tugas:
  • Obyek
  • minggu ke 10 : Menentukan Hipotesis Penelitian
  • minggu ke 14 : menyelesaikan proposal penelitian

  • Yang Harus Dikerjakan dan Batasan-Batasan
Semua arahan tugas yang diberikan oleh dosen pengampu mata kuliah

  • Metode/Cara Kerja/Acuan yang Digunakan
Metode yang digunakan untuk menyelesaikan setiap permasalahan adalah berdasarkan arahan yang diberikan oleh dosen disetiap pertemuan. Disamping itu, mahasiswa diperbolehkan untuk mengeksplor lebih jauh melalui internet mengenai cara penyelesaian lewat beberapa contoh studi kasus.

  • Dekripsi Luaran Tugas yang Dihasilkan
Setiap tugas akan dibahas pada minggu berikutnya di kelas. Hasil tugas dikirimkan ke alamat email dosen dan dicatat pada log book sebagai bahan pembelajaran lebih lanjut.
Kriteria Penilaian:
Ketepatan Penarikan Hipotesis Penelitian Didasarkan pada Topik dan rumusan masalah
Teknik penulisan proposal penelitian

  1. Rubrik Penilaian
Jenjang/Grade
Angka/Skor
Deskripsi/Indikator Kerja
E
<40
Merupakan perolehan mahasiswa yang tidak melaksanakan tugas dan sama sekali tidak memahami materi.
D
40-49,99
Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dan mengerjakan tugas seadanya, tidak memiliki kemauan dan tanggung jawab untuk memahami materi.
C-
50-54,99
Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan seadanya, tidak fokus dalam memahami materi sehingga hanya mampu menyeleseaikan sebagian dari masalah / tugas itupun dengan akurasi yang buruk.
C
55-59,99
Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan cukup baik, berusaha memahami materi namun kurang persisten sehingga baru mampu menyeleseaikan sebagian dari masalah / tugas  dengan akurasi yang kurang.
C+
60-64,99
Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan baik, berusaha memahami materi namun baru mampu menyeleseaikan sebagian masalah / tugas dengan akurasi cukup.
B-
65-69,99
Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan baik, mampu memahami materi dan mampu menyelesaikan masalah / tugas dengan akurasi cukup.
B
70-74,99
Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan baik, mampu memahami materi dan mampu menyelesaikan masalah / tugas dengan akurasi bagus.
B+
75-79,99
Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan baik, mampu memahami materi dan mampu menyelesaikan masalah / tugas dengan akurasi bagus.
A-
80-84,99
Merupakan perolehan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dengan sangat baik, memahami materi dengan sangat baik, memiliki tingkat proaktif dan kreatifitas tinggi dalam mencari informasi terkait materi, mampu menyelesaikan masalah / tugas dengan akurasi sangat baik.
A
85-100
Merupakan perolehan mahasiswa superior, yaitu mereka yang mengikuti perkuliahan dengan sangat baik, memahami materi dengan sangat baik bahkan tertantang untuk memahami lebih jauh, memiliki tingkat proaktif dan kreatifitas tinggi dalam mencari informasi terkait materi, mampu menyelesaikan masalah dengan akurasi sempurna bahkan mampu mengenali masalah nyata pada masyarakat / industri dan mampu mengusulkan konsep solusinya.

  1. PENUTUP
Rencana Pembelajaran Semester (RPS) ini berlaku mulai tanggal 01 Sept 2016 , untuk mahasiswa STIE Bima Tahun Akademik 2016 / 2017  dan seterusnya. RPS ini dievaluasi secara berkala setiap semester dan akan dilakukan perbaikan jika dalam penerapannya masih diperlukan penyempurnaan.

  1. STATUS DOKUMEN
Proses
Penanggung Jawab
Tanggal
Nama
Tandatangan
  1. Perumusan
Firdaus, ST, MM & TIM METPEN STIE Bima
Dosen Penyusun/Pengampu


  1. Pemeriksaan & Persetujuan
Mistar, SE, MM
Ketua Prodi


  1. Penetapan
Yuliati Basri, MM
Wakil Rektor




Download https://docs.google.com/document/d/1WJ9iKFKmihbKBGFzw0JKSPwjN7kf98VICokWssouj9U/edit?usp=sharing

1 komentar:

  1. Saya Atas nama IBU SITI AISYA ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di SINGAPURA jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga di kampun,jadi TKW itu sangat menderita dan di suatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak di sengaja saya melihat komentar orang tentan AKI SOLEH dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di SINGAPURA,akhirnya saya coba untuk menhubungi AKI SOLEH dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg di berikan AKI SOLEH 100% tembus (4D) <<< 3 3 4 1 >>> saya menang togel (150,juta) meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan AKI SOLEH kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik AKI SOLEH sekali lagi makasih yaa AKI dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja AKI SOLEH DI 082-313-336-747- insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW trimah kasih banyak atas bantuang nomor togel nya AKI wassalam.


    KLIK DISINI-AHLI-DUKUN-TOGEL-SAKTI-TERPERCAYA















    BalasHapus